VISI MISI PPID DESA TOYOMARTO
VISI DESA TOYOMARTO
VISI Pemerintah Desa Toyomarto yaitu :
Mewujudkan Desa Toyomarto yang "CERDAS"
MISI DESA TOYOMARTO
1. CENDEKIA
-
Membangun Toyomarto Desa “Cendekia” dengan Sumber Daya Manusia yang Cerdas dan Tangguh melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Minat Baca Masyarakat.
-
Meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan pendidikan untuk menunjang upaya peningkatan indeks pembangunan manusia, terutama memenui capaian wajib belajar Minimal 9 tahun, dengan mengupayakan pendidikan kelompok belajar paket B (SMP), Paket C (SMU), Bagi anak/remaja putus sekolah.
-
Mengupayakan sarana / prasarana bagi ruang gerak anak dan remaja agar dapat berkreasi , tumbuh dan berkembang secara paripurna.
2. EKOWISATA
-
Membangun Toyomarto sebagai Destinasi “Ekowisata” merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam.
-
aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.
-
Terbentuknya Rumah Pangan Lestari (RPL) yaitu rumah tangga dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
-
Menumbuh kembangkan usaha mikro kecil menengah bersama BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa ).
3. RELIGIUS
-
Membangun Masyarakat Toyomarto yang Semakin “Religius” dan Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Moral, Sosial, Kerukunan dan Toleransi.
-
Meningkatkan Kehidupan Beriman dan beraklak mulia.
-
Bersinergi antara Pemerintah Desa dan Lembaga/Organisasi Keagamaan.
4. DAYA SAING
-
Membangun Toyomarto yang memiliki “Daya Saing” dengan Berorientasi pada Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
-
Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan kualitas layanan di bidang pelayanan publik dan serta optimalisasi tugas pokok dan fungsi pada bidang masing-masing perangkat desa,sesuai dengan SOTK ( Struktur Organisasi Tata Kerja ) Pemerintah Desa.
-
Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, Kepala Desa dan Aparaturnya, Berprinsip pada keterbukaan terhadap pengelolaan keuangan Desa , mengikut sertakan masyarakat dalam pengelolaannya, Transparansi keuangan yang dimaksud adalah dimana masyarakat harus mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan penatausahaan, dan pertanggungjawaban,serta sumber-sumber keuangan yang di dapat dan di belanjakan dan di sosialisasikan kepada masyarakat melalui Rapat terbuka RT dan Media Desa secara terbuka.
-
Membentuk timework yang kuat antara pemerintah desa dan kelembagaan desa sehingga terjalin sinergitas dalam membangun desa sesuai dengan rugulasi yang berlaku, tanpa adanya tumpang tindih kewenagan.
5. AMAN & NYAMAN
-
Mewujudkan Toyomarto yang “Aman dan Nyaman” melalui Peningkatan Kualitas Sistem Keamanan ( membangun komunikasi di Masyarakat dari bawah sampai tingkat pemerintahan desa ), Menghidupkan kembali fungsi Linmas dan Kelompok Ronda di masyarakat,serta pemeliharaan pos-pos Keamanan.
-
Menciptakan Lingkungan desa yang Aman melalui Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Pengawasan Keamanan Lingkungan yang mampu memberikan pelayanan yang optimal sesuai fungi bagi masyarakat.
-
Melaksanaan Pembangunan Infrastruktur yang berkualitas serta melakukan pemetaan dan evaluasi terhadap pembangunan infrastruktur Desa, Akan tercipta kualitas lingkungan desa yang lebih nyaman dan bebas kumuh .
6. SEHAT & SEJAHTERA
-
Mewujudkan Toyomarto Desa yang Sehat melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan untuk Menciptakan Kondisi Masyarakat yang Lebih “Sehat Sejahtera” dengan Lingkungan desa yang Bersih dan Asri.
-
Meningkatkan Akses Masyarakat terhadap Layanan Kesehatan yang Lebih Berkualitas, Menurunkan Disparitas Pelayanan Kesehatan dalam Rangka Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat.
-
Menciptakan Lingkungan desa yang Lebih Asri, Bersih dan Sehat melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Kebersihan desa dan Peran Masyarakat yang Sadar Bersih dalam Pengelolaan Sampah Meningkatkan kualitas hidup dan Kesejahteraan Masyarakat.
-
Mengupayakan kesehatan ( Prefentif ) masyarakat dengan tabungan kesehatan mandiri masyarakat dengan tabungan bank sampah, yang nantinya akan dikelola melalui BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa ).
-
Membentuk Desa siaga, mengajak masyarakat bersama untuk memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawadaruratan, kesehatan secara mandiri.
Dalam menjalankan Misi Ke 4 tersebut akan dilaksanakan sebagai berikut :
- Mewujudkan tata kelola serta penguatan organisasi dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dan terintegrasi.
- Mewujudkan tata kelola pelayanan publik berbasis elektronik yang terpadu, terintegrasi, menyeluruh dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat .
- Mewujudkan tata kelola infrastruktur dan jaringan intra daerah serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terpadu, terintegrasi, aman dan handal.
- Mewujudkan SDM aparatur yang berkualitas, kompeten, berinovasi dan berdaya saing serta profesional berbasis teknologi informasi.
- Mewujudkan tata kelola satu data daerah yang akurat, terpusat, terpadu, akuntabel dan terintegrasi.